KESIMPULAN
Pemasaran sasaran menghendaki tiga
langkah utama. Pertama, sasaran segmentasi pasar yaitu tindakan membagi pasar
menjadi beberapa kelompok pembeli yang mungkin memerlukan produk / bauran
pemasaran berbeda. Kedua, menetapkan pasar sasaran yaitu tindakan mengevaluasi
dan menyeleksi satu atau lebih segmen pasar yang hendak dimasuki. Ketiga,
penempatan produk yaitu tindakkan merumuskan penentuan posisi bersaing untuk
produk dan bauran pemasaran secara terperinci.
Penentuan pasar sasaran merupakan proses
pengevaluasian dan pemilihan setiap segmen yang akan dilayani oleh setiap
perusahan. Sedangkan strategi penentuan posisi merupakan kombinasi kegiatan
pemasaran yang dilakukan manajemen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari
setiap pasar sasaran. Strategi ini terdiri dari komponen Produk dan jasa
pendukung, distribusi, harga, dan promosi.
Siklus hidup produk manajemen (atau PLCM) adalah
suksesor strategi yang digunakan oleh manajemen bisnis sebagai produk berjalan
melalui siklus hidupnya. Kondisi di mana suatu produk dijual (iklan,
saturasi) perubahan dari waktu ke waktu.
Siklus hidup produk
(PLC) Seperti
manusia, produk juga memiliki siklus hidup. Dari lahir sampai mati,
manusia melewati berbagai tahap misalnya kelahiran, pertumbuhan, kematangan,
penurunan, dan kematian. Sebuah siklus hidup serupa terlihat dalam hal
produk. Siklus hidup produk berjalan melalui beberapa tahap, melibatkan
disiplin profesional banyak, dan membutuhkan banyak keterampilan, alat dan
proses. Siklus hidup produk (PLC) hubungannya dengan kehidupan suatu
produk di pasar sehubungan dengan bisnis / komersial dan biaya langkah-langkah
penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar